• Posted by : Keis

    Konsep Laravel




    Laravel adalah sebuah kerangka kerja PHP yang sedang berkembang saat ini, karena pembaharuan versi dari kerangka kerja satu ini terbilang cepat maka dianggap lebih up to date dibanding kerangka kerja sejenis lainnya, seperti codeigniter namun untuk update codeigniter sampai saat ini belum ada pembaharuan lebih update. Hingga saat ini laravel telah melakukan release versi 10 saat tulisan ini dibuat.

    Sebelum membahas lebih lanjut, pada tahap awal ini kita akan mencoba mengenal cara kerja atau konsep yang digunakan pad aframework laravel. Konsep yang digunakan pada framework ini ialah konsep MVC (Model View Controller)

    Apa itu MVC?

    MVC adalah konsep arsitektur dalam pembangunan aplikasi berbasis web yang membagi aplikasi web menjadi 3 bagian besar. Di mana setiap bagian memiliki tugas-tugas serta tanggung jawab masing-masing. Tiga bagian itu adalah: model, view dan controller.
    1. Model: Memiliki peran untuk mengatur, menyiapkan, memanipulasi dan mengorganisasikan data (dari database) sesuai dengan instruktsi dari controller.
    2. View: Bertugas untuk menyajikan informasi(yang mudah dimengerti) kepada user sesuai dengan instruksi dari controller.
    3. Controller: Bertugas untuk mengatur apa yang harus dilakukan model, dan view mana yang harus ditampilkan berdasarkan permintaan dari user. Namun, terkadang permintaan dari user tidak selalu memerlukan aksi dari model. Misalnya seperti menampilkan halaman form untuk registrasi user.

    Laravel Memiliki Kelebihan dibanding Framework PHP lainnya, contoh:

    1. Dokumentasi Lengkap
    Laravel memiliki dokumentasi yang cukup bagus, kita dapat mempelajari laravel dengan membaca dokumentasinya saja, sebab dokumentasi yang dibuat oleh laravel teroglong kedalam dokumentasi yang sangat baik, rapi, mudah dan jelas. Lebih lengkap bisa dilihat di laman berikut: Dokumentasi Laravel v10

    2. Forum dan Komunitas
    Sebelum memilih framework apa yang akan digunakan, hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan adalah forum dan komunitas. Sebab dengan adanya forum dan komunitas anda dapat mudah belajar dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang mungkin ditemukan dalam menggunakan framework tersebut.

    3. Fitur
    Laravel memiliki segudang fitur yang tidak ditemukan di framework lain. Dengan fitur-fitur yang ada dilaravel membuat pembuatan web aplikasi menjadi lebuh mudah dan efisien.



    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Metweb

    Metweb - Powered by Blogger - Designed by Emet