• Posted by : Keis

     

    Peduli Kesehatan, SEMESTA FKM UMJ Gelar Pengmas di Desa Tanjung Pasir

    Oleh :
    Nadiva Rahma
    LSO FKM UMJ Saat Melakukan Pengabdian Masyarakat dan Penanaman Pohon Mangrove
    LSO FKM UMJ Saat Melakukan Pengabdian Masyarakat dan Penanaman Pohon Mangrove di Desa Tanjung Pasir, 28-29 Oktober 2023.
     
     

    Lembaga Semi Otonom SEMESTA Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (LSO FKM UMJ) melakukan pengabdian masyarakat melalui program Peduli Desa bertajuk “Tebarkan Kepedulian Guna Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Desa Tanjung Pasir” sejak 28-29 Oktober 2023, di Pantai Tanjung Pasir, Desa Tanjung Pasir, Kab. Tangerang.

    Baca juga : BEM Dan LSO SEMESTA FKM UMJ Adakan GEPENG

    Beberapa rangkaian yang dilakukan dalam kegiatan Peduli Desa, diantaranya Check Kesehatan, penyuluhan kepada masyarakat pesisir pantai mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), gerakan bersih-bersih pantai, dan penanaman pohon mangrove.

    Dalam kesempatan ini, SEMESTA bersama Wakil Dekan 3 dan 4 FKM UMJ, Suherman S.PI.,M.KM.,M.Sc. Ph.D., menanam sebanyak 100 bibit pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dalam menjaga pelestarian alam. LSO SEMESTA FKM UMJ juga berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Kehutanan Negara (PERHUTANI) dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tapas Jaya yang akan memonitori pananaman pohon mangrove secara berkala.

    “SEMESTA membuat satu gebrakan baru untuk kalangan mahasiswa FKM UMJ, mereka mengadakan kegiatan yang jauh sampai ke pelosok untuk belajar mengabdi pada masyarakat. Mungkin kalau saya masih mahasiswa, saya tanpa berpikir langsung daftar jadi anggota SEMESTA,” ujar Suherman saat diwawancarai.

    Penduduk desa Tanjung Pasir tampak antusias menyambut hangat kedatangan mahasiswa FKM UMJ. Umumnya, mayoritas penduduk di desa Tanjung Pasir bermata pencaharian sebagai nelayan dan juga pedagang. “Saya banyak teman kenalan, pasti pada seneng kalau mahasiswa melakukan kegiatan disini,” ucap salah satu warga desa Tanjung Pasir.

    Kegiatan Peduli Desa merupakan program unggulan yang dimiliki SEMESTA FKM UMJ. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pesisir di desa Tanjung Pasir. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan positif bagi masyarakat, dari SEMESTA untuk Indonesia,” ujar Ketua Umum SEMESTA FKM UMJ, Joko Priono.

    Dengan demikian, SEMESTA terus berkomitmen untuk melaksanakan tugas promotive dan preventif sebagai bentuk kepedulian Kesehatan dengan Bersama-sama berkolaborasi sehatkan masyarakat.

    Editor : Dian Fauzalia

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Metweb

    Metweb - Powered by Blogger - Designed by Emet