• Posted by : Keis

     

    9 Program Studi UMJ Terakreditasi Unggul

    Oleh :
    Mutiara Halimatu's Sadiyah

    Universitas Muhammadiyah Jakarta terus berkomitmen untuk menuju universitas yang unggul dan berkemajuan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program studi (prodi) baik ditingkat strata 1, strata2, strata 3, maupun spesialis yang meraih akreditasi unggul. Pencapaian ini juga diikuti dengan program studi lain yang terus mengalami peningkatan akreditasi sepanjang tahun 2022-2023.

    Wakil rektor 1, Dr. Muhammad Hadi, M.Kep. menyatakan UMJ terus mengupayakan peningkatan prodi lain yang masih berakreditasi A dan B melalui Badan Pengembangan Mutu (BPM) dan Unit Penjamin Mutu Fakultas (UPMF).

    “Upaya yang telah dilakukan dengan membentuk taskforce akreditasi dan memberikan pembekalan dari para pakar di bidang penjaminan mutu melalui pemahaman akreditasi 9 kriteria dari BAN PT, LAMPTKES, LAMDIK, LAMTEK dan LAMEMBA,” ungkap Hadi.

    Adapun untuk strata 1, prodi akreditasi unggul di UMJ antara lain Akuntansi, Manajemen, Perbankan Syariah, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kemudian untuk tingkat strata 2 terdapat Magister Keperawatan, untuk tingkat strata 3 terdapat Manajemen Pendidikan Islam, dan untuk tingkat spesialis terdapat Keperawatan Medikal Bedah.

    Ketua program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMJ, M. Irfan Tarmizi, S.E., Ak., MBA, CA. mengungkapkan proses persiapan visitasi akreditasi melalui perjalanan yang panjang, namun dengan semangat dan kerja keras dari semua pihak, prodi Akuntansi berhasil memperoleh akreditasi unggul.

    Baca Juga :

    Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Dr. Iswan, M.Si. menyampaikan proses akreditasi pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP UMJ dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen untuk bekerjasama, termasuk keterlibatan alumni dan mahasiswa untuk berperan mewujudkan PGSD raih predikat Unggul.

    Salah satu syarat meraih akreditasi unggul untuk tingkat Universitas yakni 30% prodi sudah terakreditasi unggul dan A, yang mana syarat ini telah terpenuhi. Namun, Hadi juga menjelaskan diperlukan aspek lain seperti tenaga pendidik seperti dosen yang terkait jumlah dan rasio terhadap mahasiswa, kualitas dosen mencakup jumlah guru besar dan lektor kepala, serta prestasi internasional dan nasional yg diraih oleh dosen dan mahasiswa.

    Baca Juga :

    Selain itu, semakin banyak jumlah publikasi internasional dan nasional, kelulusan tepat waktu, keunggulan riset dan karya karya dosen yang memperoleh patent dan HAKI menjadi peluang besar untuk UMJ mengalami peningkatan akreditasi.

    Bertambahnya akreditasi unggul dapat menjadi kebanggaan UMJ untuk setara dengan PT maju lainnya dan akan dapat banyak kesempatan kerja sama serta hibah-hibah nasional maupun international sehingga reputasi UMJ terus meningkat.

    Editor :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Metweb

    Metweb - Powered by Blogger - Designed by Emet