• Posted by : Keis

     

     

    UMJ Siap Berkompetisi Di Liga 3 Zona Banten

    Oleh :
    Fazri Maulana
    Harin UMJ di Liga 3 Zona Banten

    ) siap berkompetisi di liga 3 Regional Banten yang diselenggarakan . Edisi kali ini diikuti 17 klub. Juara kompetisi akan langsung melaju ke putaran nasional tanpa melewati putaran regional Jawa mewakili Provinsi Banten untuk menuju promosi ke Liga 2.

    Baca juga :

    UMJ melakukan merger dengan salah satu klub liga 3 Regional Banten yakni Harin UMJ. Saat ini, Liga 3 sudah bergulir sejak Minggu (8/10/23), total Harin UMJ sudah bermain dua kali tuai catatan satu kali menang dan satu kali kalah.

    Ketua Pembina Harin UMJ Saprudin Dalih, SE., MM., mengungkapkan bahwa kerja sama ini dilakukan sebagai tahapan awal untuk persiapan menjajaki musim depan secara mandiri. “UMJ harus bisa menjadi harimaunya Muhammadiyah bersaing dilevel nasional, ini dalah tahap awal dalam mewujudkan cita-cita besar UMJ,” jelas Saprudin Dalih saat ditemui di Stadion Sepak Bola UMJ, Jumat (20/10/23).  

    Lebih lanjut, Dalih menambahkan bahwa UMJ sudah harus naik level, sudah tidak lagi berada dalam level mahasiswa. UMJ memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga Tim Persatuan Sepakbola (PS UMJ) sebagai fondasi dalam mengarungi liga 3 Zona Banten

    “Kita harus merajut prestasi dari level ke level dan ingin meningkat kompetesi yang levelnya bukan mahasiswa tetapi profesional,” tambah Dalih.

    UMJ selama ini mencatat prestasi nasional, antara lain juara I Liga Mahasiswa Piala Menpora U-21 se-Indonesia tahun 2017 (Regional Jakarta), juara I Campus Soccer League (ASMAJA) tahun 2017, dan juara I Liga Mahasiswa Tahun 2018 dan 2019. Terbaru, juara Divisi I event Campus Soccer League (CSL) 2023.

    Harin UMJ tergabung dalam grup A bersama Juara bertahan Serpong City, Gundala FC, Nathan Lebak, dan Tri Sukma FC. Penawaran kerja sama antara Harin dan UMJ menyepakati komposisi tim Harin UMJ baik pelatih hingga pemain berasal dari UMJ. Hal itu diungkapkan oleh Pelatih Harin UMJ Lebry Hidayatullah.

    “Kita sudah berkolaborasi dan melangkah bersama, Pihak Harin menawarkan kerja sama dengan memberikan kesempatan pelatih dan pemain berasal dari UMJ,” ungkap Lebry saat ditemui di Lobby Rektorat, Kamis (19/10/23).

    Lebih lanjut, Lebry menjelaskan kecintaan Rektor UMJ terhadap sepak bola membuat kerja sama menjadi lebih mudah dilakukan, keikutsertaan UMJ di liga 3 sebagai wadah dalam membantu pembinaan sepak bola Indonesia melalui mahasiswa.

    Tatap Liga 3 Regional Banten secara serius, UMJ dirikan Soccer Boarding School (SBS) sebagai pembinaan usia dini juga menjadi salah satu syarat wajib dalam mengikuti kompetisi dengan mempunyai pembinaan sepak bola dari level usia dini. SBS memiliki konsep yaitu sekolah asrama sepak bola, dimana peserta didik dibina keterampilan sepakbola, pendidikan formal, dan agama.

    Tercatat juga beberapa mahasiswa UMJ berkiprah di Liga 1 dan Liga 2 2023/2024 diantaranya Rezaldi Hehanusa (Persib Bandung), Gilang Pramudya (Karo United), Zahran Fayyadh (Persela Lamongan), dan Achamad Misbah (Persiba Balikpapan).

    Harin UMJ selanjutnya melakoni laga melawan Nathan Lebak FC Minggu (22/10/23) mendatang di Stadion Kodiklat TNI Tangerang Selatan.

    Editor : Dian Fauzalia

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Metweb

    Metweb - Powered by Blogger - Designed by Emet