• Posted by : Keis

     

    FH UMJ Kerja Sama dengan Kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat

    Oleh :
    Dinar Meidiana
    FH UMJ Kerja Sama dengan Kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat
    Drs. Cik Basir, MH., (kiri) dan Dr. Dwi Putri Cahyawati, MH., (kanan) seusai tandatangan nota kesepahaman di Aula PA Jakarta Barat, Kamis (12/10/2023).
     
     

    Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH UMJ) sepakati kerja sama dengan Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat, Kamis (12/10/2023). Lembar nota kesepahaman ditanda tangani oleh Dekan FH UMJ Dr. Dwi Putri Cahyawati, MH., dan Ketua PA Jakarta Barat Drs. Cik Basir, MH., di Aula PA Jakarta.

    Baca juga : PKKMB FH UMJ Undang Hakim MA dan MK

    Kerja sama yang disepakati meliputi beberapa ruang lingkup mulai dari program magang mahasiswa, pelatihan, seminar, lokakarya dan sejenisnya, pendidikan dan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, serta sosialisasi.

    Ketua Program Studi Ilmu Hukum Dr. Aby Maulana, MH., mengatakan bahwa kerja sama dapat diimplementasikan ke dalam bentuk pengajaran oleh Hakim Pengadilan Agama misalnya seminar, kuliah umum, atau pendidikan kemahiran terkait praktik peradilan agama. Mahasiswa juga dapat melakukan penelitian atau magang, dan kegiatan penyuluhan pada masyarakat. “Akan segera ditindaklanjut dengan perencanaan program yang menunjang caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah. Terdekat akan dilaksanakan program magang dan pengajaran pada pelatihan kemahiran hukum,” ungkap Aby saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Jumat (13/10/2023).

    Dr. Dwi Putri Cahyawati, MH., didampingi para Wakil Dekan FH dan Kaprodi Ilmu Hukum saat menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman di Aula PA Jakarta Barat, Kamis (12/10/2023).

    Aby berharap kerja sama antara FH UMJ dengan PA Jakarta Barat akan terus terjalin. “Harapannya kerja sama ini membawa manfaat sehingga FH UMJ dapat bersinergi dengan lembaga-lembaga penegakan hukum (peradilan) dalam pengembangan caturdharma dan pengimplementasian program MBKM,” tambah Aby.

    Dilansir dari laman resmi PA Jakarta Barat, diketahui PA Jakarta Barat juga menyepakati kerja sama dengan empat perguruan tinggi lainnya yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Indonesia (UI).

    Kerja sama ditujukan untuk saling mendukung pengembangan kelembagaan dan kurikulum perguruan tinggi. Selain itu juga kedua belah pihak dapat menjadi mitra dalam rangka menumbuh kembangkan kegiatan. Ketua PA Jakarta Barat Drs. Cik Basir, MH., mengungkapkan rasa terima kasih pada seluruh Dekan maupun perwakilan dari kelima perguruan tinggi tersebut.

    Turut hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman Ketua PA Jakarta Barat Drs. Cik Basir, SH., MH., didampingi oleh Wakil Ketua Djulia Herjanara, S.Ag., SH., MH., Panitera, Sekretaris dan jajarannya. Dekan FH UMJ didampingi oleh Wakil Dekan I Surohmat, SH., MH., Wakil Dekan II M. Rusdi Daud, SH., MH., dan Kaprodi Ilmu Hukum Dr. Aby Maulana, MH.

    Hadir pula Dekan FSH UIN Syarif Hidayatullah  Prof. Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A., MDC., Dekan FH UNUSIA Dr. Muhammad, S.H,. M.H., Sekprodi Hukum Keluarga FIAI UII Fuat Hasanudin, Lc., M.A., dan Wadek FH UI Endah Hartati, S.H., M.H.

    Editor : Dian Fauzalia

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Metweb

    Metweb - Powered by Blogger - Designed by Emet