• Posted by : Keis

     

    FIK dan FT Ikut Meriahkan Masa Ta’aruf Mahasiswa

    Oleh :
    Fazri Maulana
    Pembukaan Mastama Ortom UMJ 2023 di Kampus B (Cempaka Putih) pada Rabu, (20/9/23)

    Organisasi Otonom Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) selenggarakan Masa Ta’aruf Mahasiswa (MASTAMA) pada 

     hari ke-tiga bagi Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) dan Fakultas Teknik (FT) bertempat di kampus B UMJ, Cempaka Putih, Rabu (20/9/23).

    Baca juga :

    Sejumlah 396 Mahasiswa baru hadir dalam kegiatan tersebut dengan rincian 288 Mahasiswa baru FT dan 108 mahasiswa baru FIK. Turut hadir Wakil Rektor I UMJ, Dr. Muhammad Hadi, SKM., M.Kep., Ketua Pelaksana PKKMB UMJ 2023, Ir. Harwidyo Eko, ST., MT, Dekan FT UMJ Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., Wadek I FIK UMJ, Dr. Yani Sofiani, M.Kep., Sp.KMB., Wadek II FIK UMJ, Ns. Titin Sutini, M.Kep., Sp.Kep.An., dan Wadek III FIK UMJ, Syamsul Anwar, SKM., M.Kep., Sp.Kep.Kom.

    Hadi pun menyambut dan mengenalkan organisasi otonom kepada mahasiswa baru. “Masa Ta’aruf Mahasiswa ortom ini (bagi mahasiswa baru) adalah ajang untuk mengenalkan organisasi otonom Muhammadiyah. UMJ memiliki tiga (3) ortom (otonom), IMM, Tapak Suci, dan Hizbul Wathan,” jelas Hadi.

    Pengenalan Ortom Muhammadiyah UMJ disebut dengan Mastama yakni Masa Ta’aruf Mahasiswa. Mastama digelar di dua tempat yakni Kampus A (Cirendeu) dan Kampus B (Cempaka Putih), menyesuaikan dengan lokasi gedung kampus. Keseluruhan mahasiswa baru yang terlibat kompak mengenakan busana bernuansa merah marun.

    Kegiatan tersebut dikhususkan untuk pengenalan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah yang ada di lingkungan UMJ. Organisasi otonom Muhammadiyah yang terlibat di antaranya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Hizbul Wathan (HW), dan Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

    Dekan FT UMJ, Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng yang memiliki latar belakang aktif di Ortom Muhammadiyah berbagi testimoni. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa baru jangan takut rugi untuk aktif di organisasi.

    “Insyallah semua ini ada manfaatnya (mengikuti rangkaian kegiatan Masta Ortom). Ada tiga Ortom Muhammadiyah, IMM, Tapak Suci, dan HW. Sesuaikan minta kalian ingin bergabung kemana. Tidak rugi untuk ikut, kalian harus dapat ambil bagian menjadi kader Ortom Muhammadiyah. Dengan aktif berkegiatan, semakin banyak pengalaman yang didapat dan jaringan yang terbentuk. ” ungkap Irfan.

    Lebih lanjut, Irfan menegaskan bahwa saat ini kegiatan non akademik mendapatkan dukungan dari Mendikbud sehingga bisa dikonversikan ke dalam Satuan Kredit Semester (SKS). “Ini adalah sebuah kelebihan, jika kalian punya prestasi dan kegiatan di luar (non akademik) itu bisa dikonversi menjadi SKS. Tidak rugi untuk mengikuti semua kegiatan, semakin banyak pengalaman dan potensi kalian,” pungkas Irfan.

    Dalam sesi lain, Muhammad Zikri Ketua Pelaksana Masta Ortom melihat mahasiswa baru sangat antusias dan menyerukan untuk turut andil dalam organisasi ortom yang dimiliki oleh UMJ. “Mahasiswa Baru sangat antusias, terlihat dari pagi hari sudah siap dan berkumpul. Harapannya mereka bisa turut andil setelah acara Masta Ortom dan membuka pola pikir mereka tentang organisasi,” jelas Zikri.

    Masta Ortom diteruskan dengan proses pengenalan Organisasi Ortom Muhammadiyah kepada Fakultas masing-masing untuk keberlanjutan acara ini.

    Editor : Dian Fauzalia

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Metweb

    Metweb - Powered by Blogger - Designed by Emet